KONSEP DASAR DAN TURUNANNYA USULAN/REKOMENDASI RUMAH TRADISIONAL SUKU MAYBRAT IMIAN SAWIAT PAPUA "HALIT-MBOL CHALIT"

KONSEP DASAR DAN TURUNANNYA USULAN/REKOMENDASI PENGEMBANGAN RUMAH TRADISIONAL SUSKU MAYBRAT IMIAN SAWIAT PAPUA "HALIT-MBOL CHALIT"

by

Hamah Sagrim

(Peneliti)


Berdasarkan Uraian hasil Penelitian dan pengujian kenyamanan thermal ruang dalam bangunan serta perkembangan Rumah tinggal suku Maybrat, Imian, Sawiat, dalam kehidupan sosial budaya, maka diciptakanlah bentuk arsitektur halit-mbol chalit yang sedikit adaptif dengan tuntutan kelayakan rumah sehat tanpa melepaskan nilai arsitekturalnya.



Tradisional Moderen

denah tradisional denah moderen
(usulan konsep peneliti)

tampak depan bentuk tradisional tampak depan bentuk moderen
(usulan Peneliti)


tampak kiri bentuk tradisional tampak kiri bentuk moderen yang diusulkan
(usulan konsep peneliti)

Tampak Kiri bentuk tradisional Tampak Kiri usulan konsep ke moderen
(hasil usulan peneliti)

tampak belakang bentuk tradisional tampak belakang usulan konsep
dari tradisional ke bentuk moderen
(hasil desain peneliti)

Struktur bentuk redesign kepala ornament dari tradisional menjadi bentuk moderen. Jenis ornament tersebut adalah rahang Babi dan Rahang Rusa, yang selanjutnya dikembangkan menjadi bentuk moderen dengan mempertahankan bentuknya sebagai dasar aliran. Untuk bentuk moderen telah dimodifikasikan sedemikian sehingga tampaklah suatu nilai estetika, dan karena pertimbangan estetika maka dibentukkan sedemikian. Nilai yang terkandung pada ornament ini adalah kebesaran seseorang.


Bentuk pengadopsian sisa kayu yang diambil dari kepala burung kakatua putih yang diadopsikan menjadi ornament pada bangunan arsitektur Maybrat, Imian, Sawiat.





Garis anak panah diatas yang dihubungkan antara rumah tradisional ke rumah moderen menunjukkan bentuk-bentuk bangunan dan aliran yang di-redesign menjadi bentuk moderen dengan gayanya yang tetap khas.

Gambar listplank yang diadopsikan dari bekas kaki kepiting yang dikembangkan menjadi aliran arsitektur Maybrat, Imian, Sawiat.

About this entry

Posting Komentar


 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008